Kunjungan Kerja Asisten Pidana Militer Kejakasaan Tinggi Riau di Kejaksaan Negeri Rokan Hilir

Berita40 Dilihat

fiacentral.com |Pekanbaru – Asisten Pidana Militer Kejaksaan Tinggi Riau Melakukan Kunjungan kerja sekaligus Sosialisasi terkait Tugas dan Fungsi Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer diwilayah hukum Kejaksaan Negeri Rokan Hilir.

Kegiatan Sosialisasi terkait Tugas dan Fungsi Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Rokan Hilir sekitar pukul 09.00 Wib, Selasa (5/9/2023) tersebut disampaikan oleh Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto SH., MH.

banner 336x280

Dijelaskan Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto, Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Asisten Pidana Militer Kejaksaan Tinggi Riau Kolonel Laut (H) Faisol, SH, Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir Yuliarni Appy, SH., MH, Kapolres Rokan Hilir diwakili, Dandim 0321 Rohil di wakili, Kapolsek Se- Kabupaten Rokan Hilir dan Danramil Se- Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam sambutannya,  Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir Yuliarni Appy, SH., MH mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Asisten Pidana Militer Kolonel Laut (H) Faisol, SH bersama jajarannya sudah berkunjung di Kejaksaan Negeri Rokan Hilir. Kami berharap dengan kedatangan Asisten Pidana Militer bersama jajarannya bisa menambah wawasan kami, pemahaman kami terkait Tugas dan Fungsi Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Kejaksaan Agung RI.

Kemudian, Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir Yuliarni Appy, SH., MH menyampaikan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi pidana militer, serta sebagai bentuk penguatan dalam tugas.

Pemahaman eksternal harus ada keseragaman, bahkan ada kekhawatiran karena ketidaktahuan yang masih terjadi dan diharapkan seluruh peserta nantinya memiliki persepsi bersama dalam penanganan koneksitas.

Selanjutnya, Sambutan dan pengarahannya Asisten Pidana Militer Kolonel Laut (H) Faisol, SH menjelaskan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Kejaksaan Agung RI memiliki tugas untuk melakukan koordinasi penuntutan perkara yang dilakukan oleh Oditurat dan Penanganan Perkara Koneksitas.

Tugas lainnya adalah mengkoordinasikan perkara koneksitas agar tidak terjadi disparitas dalam penuntutan dan penjatuhan hukuman terhadap pelaku tindak pidana yang dilakukan secara bersama sama antara pelaku militer dan sipil.

Karena kejahatan dimana ada unsur TNInya dan bekerjasama dengan unsur sipilnya atau unsur sipilnya bekerjasama dengan TNI sudah sangat banyak.

Untuk itu dalam melaksanakan dan mengoptimalkan kewenangan secara profesional dan bertanggung jawab, kewenangan Penuntutan ini kemudian didelegasikan secara proporsional dalam lingkup militer dan juga optimalisasi penyelesaian perkara koneksitas melalui pelembagaan Jaksa Agung Muda Pidana Militer (Jampidmil) berdasarkan UU No. 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan dan Perpres No.15 Tahun 2021 tentang Ortaker Kejaksaan RI dan diatur lebih teknis dalam Peraturan Kejaksaan Nomor 1 Tahun 2021.

Kegiatan Kunjungan Kerja dan Sosialisasi terkait Tugas dan Fungsi Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer tersebut berlangsung secara aman, tertib dan lancar, pungkas Bambang Heripurwanto (Man)