Pengajian Rutin Kejaksaan Tinggi Riau Oleh Ustad Dr. H. Saidul Amin, MA

Berita35 Dilihat

fiacentral.com |Pekanbaru – Senin, (2/10/2023), bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau, telah dilaksanakan Pengajian Rutin yang disampaikan oleh Ust. Dr. H. Saidul Amin, MA yang diikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Riau yang beragama Islam.

Dalam penyampaiannya Ust. Dr. H. Saidul Amin, MA menyampaikan Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. atau Maulid Nabi SAW. diyakini telah dikenal oleh masyarakat muslim Arab, setidaknya sejak tahun kedua hijriah. Namun ada pula yang meyakininya peringatan maulid telah ada sejak zaman Nabi SAW. Menurutnya perayaan maulid Nabi SAW. sudah dilakukan masyarakat muslim sejak tahun kedua Hijriah.

banner 336x280

Selanjutnya Ust. Dr. H. Saidul Amin, MA menyampaikan Peringatan Maulid Nabi SAW dilakukan dengan berbagai cara dan ekspresi. Di masyarakat Jawa, Maulid Nabi dirayakan dengan membaca manakib Nabi SAW. di dalam sejumlah kitab seperti Barzanji, Simthud Durar, Diba’, Syaroful Anam, Burdah, dan lainnya. Masyarakat Muslim tidak hanya bergembira merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW., tapi juga bersyukur atas teladan, jalan hidup dan tuntunan yang dibawa oleh beliau.

Diakhir Ust. Dr. H. Saidul Amin, MA menyampaikan maka dapat dipahami bahwa Maulid Nabi merupakan perayaan atas kelahiran Nabi Muhammad saw. Namun yang perlu diingat adalah bahwa Nabi Muhammad saw. merupakan Rasul utusan Allah Swt., maka dengan mengingatnya kita yakin bahwa Allah Swt. merupakan Pencipta Maha Esa yang mampu memberikan kehidupan dan mewafatkan hambanya.

Kegiatan Pengajian Rutin Kejaksaan Tinggi Riau oleh Ust. Dr. H. Saidul Amin, MA bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau berjalan tertib, aman dan lancar. (Man)