Tim Tabur Kejaksaan Agung Berhasil Mengamankan Tersangka AS bin TS

Berita35 Dilihat

fiacentral.com |Jakarta – Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung berhasil mengamankan buronan yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) asal Kejaksaan Negeri Aceh Tengah. Buronan tindak pidana korupsi itu ditangkap di Sukapadang Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Jawa Barat, pada pukul 16.50 Wib. Hal ini dikatakan Kapuspenkum Kejagung Republik Indonesia Dr. Ketut Sumedana melalui siaran pers.

Secara detail Sumedana menjelaskan terkait Identitas Buronan yang diamankan, yaitu:

banner 336x280

Nama : AS bin TS
Tempat lahir : Bandung, Jawa Barat
Umur/tanggal lahir : 40 tahun / 25 Maret 1983
Jenis kelamin : Laki – laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Tempat Tinggal : Kampung Pemoyaman, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung
Pekerjaan : Direktur CV Mega Agro Jaya

Lanjut Sumedana, Berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Khusus Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tengah Nomor: PRINT-05/L.1.17/Fd.1/05/2023 tanggal 26 Mei 2023 dan Surat Penetapan Tersangka Nomor: PEN-01/L.1.17/Fd.1/05/2023 tanggal 26 Mei 2023, AS bin TS merupakan TERSANGKA dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan Alat Permainan Edukasi (APE) dalam dan luar TK/PAUD se-Kabupaten Aceh Tengah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah Tahun Anggaran 2019 dan didanai oleh Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA).

Dalam proyek pengadaan tersebut, terdapat dua item yang terlibat yakni APE indoor dan APE outdoor, dengan alokasi anggaran masing-masing Rp2,5 miliar.
Pada saat diamankan, Tersangka AS bin TS bersikap kooperatif sehingga proses pengamanannya berjalan dengan lancar. Selanjutnya, Tersangka AS bin TS akan diserahterimakan kepada Kejaksaan Negeri Aceh Tengah di kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Melalui program Tabur Kejaksaan, Jaksa Agung meminta jajarannya untuk memonitor dan segera menangkap buronan yang masih berkeliaran, guna dilakukan eksekusi demi kepastian hukum. Jaksa Agung mengimbau kepada seluruh buronan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan RI, untuk segera menyerahkan diri dan mempertanggung-jawabkan perbuatannya karena tidak ada tempat bersembunyi yang aman. Terangnya (Man)